DAFTAR ISI
Pemahaman Pemasaran (Sebuah Pengantar) ii
Ucapan Terima Kasih iv
Komentar Pembaca v
Bab 1 Definisi Smooth Marketing 1
Bab 2 Blog untuk Bisnis 11
Bab 3 Mengelola Komunitas 25
Bab 4 Unggul Bersaing
di Dalam Komunitas 37
Tentang Penulis 45
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com ii
Pemahaman Pemasaran
(Sebuah Pengantar)
Banyak yang menyamakan antara kegiatan pemasaran dengan
penjualan. Marketing dan sales. Secara teori sebenarnya sangat tidak
sama. Penjualan adalah bagian dari kegiatan pemasaran yang harus
dikuasai secara khusus.
Seorang praktisi pemasaran dan peraih prestasi Top Sales di satu
perusahaan juga biasanya dilakukan orang yang berbeda. Jadi
seorang praktisi pemasaran andalan belum tentu dia dapat menjadi
seorang penjual terbaik, demikian sebaliknya. Namun keduanya
berkaitan sangat erat. Praktisi pemasaran otomatis mendukung
kegiatan penjualannya dan seorang penjual otomatis telah melakukan
dan menikmati kegiatan atau program pemasaran yang dibuat.
Pengertian kegiatan Pemasaran yang paling umum dipahami adalah
defisini dari buku Marketing Management Millennium Edition oleh
Philip Kotler, yang menjabarkan bahwa kegiatan pemasaran adalah
proses sosial di mana seorang individu atau kelompok meraih apa
yang mereka butuhkan dan inginkan melalui proses penciptaan,
penawaran, dan pertukaran produk dan jasa dengan bebas dan
bernilai dengan orang lain.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com iii
Berdasarkan penalaran di atas menjawab bahwa setiap individu
sebenarnya dalam setiap hidupnya melakukan kegiatan pemasaran
(sekaligus penjualan) dalam dirinya. Bukan hanya seorang yang
berwirausaha, tetapi mereka yang membaktikan keterampilannya ke
perusahaan di mana tempatnya bekerja pun harus selalu menunjukkan
bahwa keterampilannya layak untuk terus digunakan perusahaan di
tempat ia mencari pendapatan tersebut. Setiap individu melakukan
penciptaan dan menukarkan tenaga keterampilannya untuk
memperoleh apa yang dibutuhkan, bukan hanya pengusaha.
E-book ini walaupun ditujukan kepada mereka yang sedang
melakukan kegiatan wirausaha kecil-kecilan namun juga dapat dibaca
oleh berbagai kalangan profesi, termasuk karyawan. Banyak
karyawan yang rindu memiliki usaha sendiri untuk memperoleh
tambahan penghasilan. Namun terbentuk kendala akibat tidak
merasa ada bakat 'jualan'. Dalam E-Book ini setidaknya membimbing
dan membuka wawasan bahwa semua individu dapat melakukan
kegiatan pemasaran, dan saya mencoba mengarahkan ke langkahlangkah
yang saya singkat menjadi SMOOTH Marketing.
Kiranya E-book Smooth Marketing ini dapat memberikan inspirasi
kepada pembaca untuk menyadari bahwa setiap individu mampu
melakukan kegiatan pemasaran untuk mengembangkan kemampuan
dirinya.
Femikhirana
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com iv
Ucapan Terima Kasih
Puji syukur kepada Allah Bapa, Putra, dan Roh Kudus untuk segala
rahmat dan karunia yang sudah diberikan kepada saya untuk berbagi
melalui buku ini.
Demikian pula saya bersyukur karena Allah yang sudah
memberikan keluarga, rekan-rekan, sahabat yang selalu mendukung
hingga terbitnya E-book ini. Kiranya segala sesuatu yang terjalin di
antara kita akan membuat saya termotivasi untuk membuahkan
karya-karya yang berguna bagi pembaca.
Berikut ini mereka yang sudah selalu menghantar saya hingga selalu
produktif :
Suami dan anak tersayang, orang tua terkasih, saudara-saudara,
rekan-rekan di forum Yuk Nulis! dengan G. Lini Hanafiah sebagai
sahabat yang membebaskan saya berkarya di forumnya, Donny
Verdian yang pertama kali menyarankan tulisan ini untuk dijadikan
buku, sobat-sobat penulis seperti Mas Kurniawan Junaedhi, Bang
Saut Poltak Tambunan, Mbak Zara Zettira Z.R. yang mendukung
dan mengkomentari tulisan saya. Serta ucapan terima kasih
terbesar adalah sobat pembaca yang selalu mampir membaca dan
mengkomentari tulisan saya di blog http://femikhirana.com. Hanya
terima kasih yang dapat saya haturkan. Tuhan memberkati kalian
semua!
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com v
Komentar Pembaca
Marketing dan internet adalah entitas yg begitu lapang. Femi tak
berusaha untk mempersempitnya; pikiran kita yang coba
diperluasnya melalui e-book ini. Well done, Fem! (Donny Verdian.
Blogger, New South Wales, Australia)
Buku ini melihat marketing dari perspektif berbeda. Siapa saja bisa
melakukan marketing, begitu kata buku ini. Ditulis oleh seorang
wirausaha di bidang pemasaran sekaligus dikenal sebagai penulis
fiksi, tak syak membuat buku marketing yang kedengarannya
seram, terasa menjadi enak dan asyik dipahami serta mudah
dipraktikkan. Saya termasuk yang terinspirasi oleh buku ini.
(Kurniawan Junaedhie. Penyair, penulis, dan pengusaha, Serpong-
Tangerang)
Femi menjadi "Cak Man" di dunia nyata. Menjual yang biasa
dengan customized dan membuat pembacanya merasa istimewa. (G.
Lini Hanafiah. Ibu rumah tangga, penulis. jurnalis, mengelola
komunitas Yuk Nulis!, Bekasi)
SMOOTH marketing adalah frame of thinking, sebuah kerangka
berpikir dan bekerja sangat powerful untuk diterapkan oleh seorang
pemula sekalipun. Kerangka ini mudah untuk dipraktikan dan tidak
berbelit-belit. Femi menggunakan bahasa yang sangat mengalir dan
mudah dimengerti, hingga 50 halaman tak terasa habis kurang dari
15 menit. Bab 1 adalah foundation yang harus dipahami, Bab
berikutnya akan membuat kita tidak sabar untuk mencobanya
(Ronald Sipahutar. Moderator Marketing Club, Jakarta)
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 1
BAB 1
DEFINISI SMOOTH MARKETING
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 2
eberapa orang sedikit jengah mendengar kata marketing
Bapalagi sales (jualan). Namun tidak dapat dipungkiri semua usaha di dunia ini tidak dapat menghindari divisi
marketing di dalam perusahaannya. Dan sadar atau tidak sadar
setiap personal pun tidak terlepas dari usaha untuk memasarkan diri
sendiri.
Ya, memasarkan usaha sendiri walaupun hanya kecil-kecilan
tetap tidak bisa dianggap remeh. Perlu waktu dan pengorbanan lebih
,kecuali memang niat awalnya hanya buang-buang uang hehehe....
Mungkin karena berpikir bahwa usaha kecil-kecilan yang sambilan
maka menganggap tidak perlu usaha untuk pemasaran segala,
karena sudah bercokol pikiran akan mengeluarkan uang banyak,
menyita waktu, serta meresahkan orang…Padahal ya tidak demikian
adanya. Karena setiap kegiatan yang bersifat mengaktualisasi
produk, jasa, bahkan kemampuan diri sendiri itu sudah masuk ke
aspek pemasaran. Justru aspek pemasaran yang secara tidak
disadari sudah dilakukan itu jika tidak diatur malah akan membuat
orang lain jengah dan akhirnya memang usaha Anda tidak
membuahkan hasil apapun.
Jadi bila Anda merasa tidak terlalu mumpuni untuk mengurusi
bidang pemasaran atau merasa tidak keenakan untuk memasarkan
usaha Anda dengan jor-joran, berarti harus ada langkah-langkah
yang lebih jelas untuk Anda lakukan. Saya coba memandu dengan
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 3
istilah Smooth Marketing, yang artinya kurang lebih sama dengan
arti kata –smooth- itu yaitu langkah kegiatan pemasaran yang
'halus' alias tidak membombardir dengan asal kepada calon
pelanggan Anda.
Jadi istilah SMOOTH Marketing itu dapat dijabarkan sebagai
berikut :
S = Show your specific quality products or services
M = Make your online or offline community
O = Organize your programmes
O = Observe and maintain your community
T = Try to evaluate and be creative periodically
H = Have to be informative for continuity but not terrorize
Berkisah tentang hidup penulis yang berangkat dari
masa kecil yang tidak bahagia dan penuh tekanan. Ia
melalui masa remaja yang berandalan di jalanan dan
hanyut di tengah gemerlap dunia kelam. Ia bertekad
untuk bangkit dan menemukan turning point-nya,
mengubah keadaan dan hidupnya.
Tidak banyak orang yang nekat mendobrak nilai dan
norma demi sebuah perubahan. Ketika semua
bertentangan dengan kebenaran hatinya, ia
menerobos terus. Ia hanya segelintir dari orangorang
yang dianggap edan.
Beban berat itu mulai dapat dibanggakannya. Ia
berhasil menunjukkan bahwa ia bisa berdamai
dengan luka melalui sebuah perjuangan yang masih
terus bergulir demi sebuah perubahan hidup.
Tersedia di Gramedia Pulau Jawa & Bali. Bagi pembeli di Jakarta dapat menghubungi
Penerbit Via Lattea Kota Harapan Indah, Blok HL no 8 Bekasi, Indonesia, 17131. Phone:
021.32692111
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 4
S = Show your specific quality products or services
Anda mempertunjukkan produk, jasa, atau juga keahlian kita yang
khusus alias berbeda dengan yang lainnya. Kualitas sudah jelas,
karena tampil beda itu sendiri pun sudah menunjukkan kualitas.
Yang ditekankan di sini hanya menunjukkan, bukan dengan bahasa
menawarkan. Cukup tunjukkan dengan foto, karakteristik produk,
dan harga sebenarnya paling belakangan. Dan yang paling penting
justru Kontak Personal yang dapat dihubungi.
Produk dipamerkan di mana? Sekarang media sudah banyak sekali
dan beban biaya sangat murah! Dimulai dari media berita online,
jejaring sosial macam facebook, friendster, twitter dapat
dimanfaatkan selain dengan brosur edaran seputar perumahan,
bulletin perumahan. Untuk memudahkan buat saja list media mana
yang mau dipakai, agar Anda tidak bingung.
Walaupun juga hanya kecil-kecilan, jenis produk yang ditampilkan
jangan asal-asalan. Sebisa mungkin harus jelas! Walaupun hanya
foto digital buatan sendiri yang tidak artistik, namun tidak boleh blur
atau harus eye catching (menarik perhatian).
M = Make your online or offline community
Komunitas, perkumpulan, rekanan ini penting. Bukan
mengumpulkan customer, tetapi mengumpulkan semua yang
berminat dengan produk kita walaupun belinya entah kapan (dalam
hal ini kita bicara bisnis dalam jangka panjang). Jangan biarkan
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 5
komunitas itu
satu media atau wadah.
Buatlah grup, forum mailing list, fans page dengan menggunakan
fasilitas jejaring sosial di internet. Buatlah wadah pertemuan secara
periodik walaupun hanya sekadar acara makan-makan di café.
Membina komunitas akan memudahkan Anda untuk
menginformasikan sesuatu dari Anda. Jika komunitas itu bukanlah
pembeli, setidaknya mereka menjadi penyambung lidah untuk calon
pembeli yang tidak tergabung dalam komunitas.
O = Organize your programmes
Buatlah program walaupun hanya kecil-kecilan. Program yang
sekali lagi tidak harus selalu mengarah ke jualan. Adanya acara yang
melibatkan komunitas selain mengeratkan hubungan Anda dengan
komunitas juga membuat rekan-rekan Anda yang bergabung merasa
dihargai dan diperhatikan. Dan hubungan emosional seperti ini yang
justru akan melanggengkan usaha jualan Anda pada akhirnya.
Mungkin Anda buntu untuk memikirkan program apa sih yang
bagus? Nah boleh bertanya ke komunitas Anda juga, biar tepat
sasaran. Dan yang saya paparkan selanjutnya hanya ide-ide kecil
sebagai contoh dan pemancing saja, siapa tahu ada yang cocok.
Jika Anda punya butik kecil-kecilan atau jual baju kecil-kecilan, dan
acak-acakan dalam pantauan Anda. Kumpulkan dalam
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 6
punya TV cable di rumah, coba saja mengadakan acara nonton
bareng Fashion TV dengan komunitas (kalau ada teman yang
berprofesi jadi model bisa diundang juga tuh...) Sudah jelas ada
hubungan dengan baju tetapi tidak jualan baju. Yang diobrolkan
pasti seputar fashion. Anda dapat mengetahui selera orang dan juga
mungkin orang dapat memberikan ide kepada Anda untuk membuat
ini atau itu yang akan mereka bantu pemasarannya. Aha… semua
hanya dari obrolan!
Jika Anda memiliki toko boneka atau toko souvenir kecil-kecilan
bisa juga ajak komunitas Anda membuat acara lomba gambar atau
lomba susun balok (hadiahnya sudah jelas barang dagangan Anda
sendiri ya hehehe…) untuk anak-anak rekanan komunitas Anda.
Yang penting di sini hanyalah agar orang tahu jika Anda yang
menyelenggarakan acara rumahan ini ternyata jualan boneka luculucu.
Buku ini mengajak para pembaca/ pengarang untuk
membuat novel agar cepat dikenal, dan laris (best
seller). Ia mengibaratkan judul novel adalah produk,
nama pengarang adalah brand owner dan nama pena
adalah brand umbrella. Buku ini lebih
menitikberatkan bagaimana mengarang novel dengan
pendekatan marketing, agar novel Anda laris (best
seller) dan dibaca orang. Penulisnya Saut Poltak
Tambunan telah membuktikan hal itu. Dia adalah
pengarang novel laris yang novel-novelnya banyak
difilmkan di layar lebar dan sinetron. Tebal: 124 hal.
Ukuran: 20 X 13,5 cm. Harga: Rp. 30.000,-
Kiat Sukses Mengarang Novel,
Best Practice & Marketing Strategy Concept
Pengarang: Saut Poltak Tambunan
Penerbit: PT Kutubuku Sampurna
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 7
O = Observe and maintain your community
Sudah memiliki komunitas yang solid adalah satu modal yang lebih
berharga daripada modal uang yang sudah dikeluarkan untuk
investasi. Dari komunitas ini kita dapat menganalisa kecil-kecilan
apa yang menjadi kebutuhan komunitas ini yang dapat kita usahakan
untuk kabulkan.
Kalau mau sedikit repot ya kelompokkan atau bagi komunitas
menjadi beberapa kumpulan kecil yang memiliki persamaan,
misalnya golongan umur yang sama, lokasi tempat tinggal yang
sama, pekerjaan yang sama, hobby yang sama. Kerjakan sambilan
sambil iseng kutak-katik data. Percaya gak percaya suatu hari hal ini
akan sangat berguna sehingga Anda tidak perlu lagi blingsatan
mencari jarum dalam rumput atau harus obrak-abrik data yang masih
acak-acakan untuk mencari orang-orang tertentu yang Anda
maksud.
Biasanya di situs jejaring sosial semacam facebook juga
menyediakan fasilitas List Friends yang berfungsi bagi Anda untuk
membagi komunitas menjadi lebih kecil berdasarkan persamaan
yang Anda inginkan. Nah… suatu saat bila Anda hanya ingin
mengirimkan informasi kepada mereka yang ibu rumah tangga
misalnya, sudah tidak perlu repot cari satu-satu lagi. Tinggal klik
dan keluarlah data yang dimaksud, dan kirim.
Jangan lupa juga menjaga hubungan baik dengan komunitas, tentu
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 8
dengan cara yang tidak membombardir itu. Nah… hubungan baik
yang tidak terkesan teror, yang gimana tuh? Kita bahas di point lebih
lanjut…
T = Try to evaluate and be creative periodically
Evaluasi diri dengan cara meminta saran, kritik dan masukan lainnya
adalah salah satu bentuk komunikasi yang menjaga hubungan
kepada komunitas kita. Dengan merasa ditanggapi, didengar dan
dibaca maka komunitas Anda akan merasa dihargai dan juga respek
dengan komunitas yang Anda bina.
Adanya kumpulan saran, kritik membangun akan membuat pikiran
kita kreatif (selain diri kita sendiri harus kreatif loh ya hehehe...).
Jaga hubungan dengan kreatif! Artinya jangan melakukan
interaksi untuk memperoleh respon dari komuniti dengan hal-hal
yang itu-itu saja. Sodorkan hal-hal yang kreatif dari produk Anda
dan cara Anda berkomunikasi (dengan chat online-kah, atau
membuat topik diskusi online / thread starter, atau kuis dan
sebagainya)
Sebaiknya harus ada frekuensi tersendiri sehingga tidak terlalu
sering, tetapi juga jangan sampai tidak ada kegiatan agar kita tidak
kehilangan kontak dengan respon-respon dari komunitas kita.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 9
H = Have to be informative for continuity but not terrorize
Informasi adalah senjata semua pengambilan keputusan. Jadi
jangan pernah Anda lupa menginformasikan hal-hal baru, hal-hal
menarik untuk membuat komunitas terus terhubung dengan kita.
Sekali lagi jangan memberi informasi mengenai penawaran
terlalu sering! Karena ini justru jadi bumerang. Sebaiknya berikan
informasi-informasi yang penting dan dikemas dengan bahasa yang
lucu akan lebih menarik daripada sekadar menulis : Bagi yang mau
memberikan hadiah ulang tahun yang lucu, ayooo buruan
hubungi xxx... mumpung discount loh! Hal ini jadi terkesan biasa
dan lama-lama jadi teror betulan.
Bagaimana kalau kita memberikan informasi lewat sms, email atau
wall status jejaring komunitas Anda dengan bahasa seperti ini :
Anak ultah, hati riang tak menentu.
Tapi bimbang budget terbatas.
Kalau boleh Santi bantu.
Dapat discount juga kualitas.
Alternatif kalimat ini mungkin lebih mengena karena tidak
mendorong orang, tapi lebih ke faktor mendorong diri kita sendiri
untuk membantu kesulitan orang. Orang akan merasa dibantu atau
ditolong adalah lebih baik daripada diminta menghubungi (jelas
lebih banyak tidak akan menghubungi deh hehehe…)
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 10
Hindari memberikan informasi yang bersifat persuasif terlalu
sering akan membuat komunitas nyaman. Komunitas Anda tidak
merasa ditodong tetapi senang dapat ikut berkomentar walaupun
belum tentu beli hari itu.
Nah… jika tahapan SMOOTH marketing ini dilakoni mungkin
apresiasi orang tentang bisnis Anda akan lebih positif karena Anda
secara tidak langsung sudah merengkuh relung pikiran mereka
secara halus tanpa harus merasa takut dianggap 'jualan terus'.
Penjualan / sales akan berjalan seiring SMOOTH marketing yang
Anda lakukan secara berkesinambungan. Semoga berhasil dan
selamat berwirausaha…
"Kami mengundang anda untuk bersama-sama menjadi lebih baik dari keadaan
kita sekarang. Lebih baik dalam hal kepribadian, material dan spiritual. Website
Pengharapan ini dibuat sebagai wadah kita bersama-sama belajar dan berbagi
informasi."
http://www.pengharapan.com di Facebook:
http://www.facebook.com/pengharapan
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 11
BAB 2
Blog Bisnis dengan
Teknik SMOOTH Marketing
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 12
da beberapa orang bertanya kepada saya, tepatnya minta
Asaran saya saat mereka ingin memperluas jangkauan penjualannya secara online. Kebanyakan bertanya, mana
yang lebih baik, menggunakan website atau blog? Sebelumnya
mereka menimbang untuk bertanya kepada saya karena menurut
mereka sudah cukup lama beraktifitas online, malang melintang
setiap hari di dunia maya, sehingga malah ada yang mengira saya
bisa membuat website hehehe… (ya bisa sih tapi sederhana sekali)
Kembali lagi ke masalah pertanyaan tadi, sebelum saya jawab lebih
baik saya mengambil beberapa asumsi yang kebanyakan dikatakan
orang mengenai website dan blog. Zaman internet pertama kali
booming di Indonesia, seingat saya (dan memang) tidak ada yang
namanya 'blog', yang ada hanya website untuk profile perusahaan,
dan untuk pribadi. Kalau ada yang mengatakan website itu kudu
bayar dan blog gratisan… ya kurang tepat juga. Karena dulu pun
sebelum ada istilah blog, yang ada ya memang istilah website
gratisan (dulu paling ngetop sih dari geocities).
Masuk ke tahun 2000 ke atas barulah ada sedikit perbedaan karena
muncul istilah web log yang merupakan bagian dari world wide web
yang isinya di arsip berdasarkan urutan waktu (sekarang sudah
diarsip berdasarkan kategori label atau tag juga) dan memberikan
fasilitas kepada orang untuk memberikan komentar. Web log
akhirnya dipopulerkan oleh Peter Merholz dengan memecah istilah
weblog menjadi we blog (blog = melakukan editing dan posting di
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 13
di weblog) yang akhirnya lebih bersifat ke web pribadi ketimbang
dengan website yang kesannya serius.
Banyak yang berasumsi juga jika website lebih profesional
dibandingkan blog. Memiliki domain dotcom juga dianggap akan
lebih mengangkat citra usaha dibandingkan mereka yang masih
menggunakan embel-embel nama penyedia blog gratis seperti
blogger, wordpress, multiply dan sebagainya. Asumsi ini juga yang
bercokol di pemikiran teman-teman waktu bertanya dengan saya
apakah tidak akan kelihatan 'asal-asalan' jika menggunakan blog
untuk usahanya dan hanya dengan menggunakan nama misalnya
jualtas.blogspot.com.
Kalau mengacu pada perbedaan istilah yang sudah saya jabarkan
sedikit di atas saya coba mengarahkan kepada mereka atau juga Anda
yang bertanya tentang pertanyaan tersebut.
Pertama yang jelas untuk ditanyakan kepada diri Anda adalah jenis
dan cakupan usaha Anda sendiri. Jika usaha Anda memiliki target
konsumen secara pribadi alias bukan perusahaan, dan produk yang
Anda jual juga seputar kebutuhan pribadi sehari-hari, bukan dijual
secara grosiran atau jumlah nilai yang besar sekali, saya akan
menjawab menggunakan blog adalah lebih tepat daripada harus ribet
mikir membuat website. Bukan berarti tidak boleh, tetapi sebagai
permulaan, memajang produk di blog sudah merupakan langkah
profesional selama dikelola dengan baik.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 14
Berarti kata kunci di sini sebenarnya hanyalah pengelolaan yang
baik sebuah blog untuk bisnis. Jika kita membuat profil bisnis
berbasis website pun yang tidak dikelola serta minim update juga
lebih tidak baik tinimbang blog yang di-maintain dengan baik.
Semua fasilitas yang dapat dibuat di website pun dapat diterapkan di
blog, jadi mengapa harus menolak yang gratis jika dapat dikelola
dengan baik? Lain halnya jika memang bisnis Anda memiliki
kapasitas selain menjangkau customer juga menjangkau market B2B
(business to business, istilah sederhananya perusahaan yang
customer-nya juga perusahaan, bukan personal) barulah
pengembangan website akan dirasa lebih baik. Tetapi jangan salah,
lihatlah sekarang portal dan website ternama yang ada sekarang ini,
mereka tetap menyertakan blog mereka sendiri (entah blog pemilik
perusahaan, blog pemilik portal, blog kolumnis portal atau media
massa) di dalam portal / website mereka. Berarti tetap jangan pernah
meremehkan keberadaan blog untuk bisnis.
Stock Kacau ...?
Toko Merugi ......?
Sekarang sudah ada SOLUSI-nya,
bacalah informasi ini dan dapatkan
cara:
"Bagaimana Mendayagunakan Toko
Anda, Membuat Hasil yang Luar Biasa
dan Meningkatkan Pendapatan Anda
D a l a m W a k t u S i n g k a t ! ”
http://programtoko.programasli.com
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 15
Sekarang barulah kita masuk ke masalah kedua, yaitu pengelolaan
blog bisnis yang sebaiknya diperhatikan oleh Anda pemilik usaha
kecil ataupun menengah. Yang jelas kita harus memanfaatkan nilai
lebih sebuah market yang berbasis online yaitu :
a. Keunggulan dalam komunikasi dua arah.
b. Feedback lebih cepat.
c. Transaksi lebih cepat, murah, dengan tingkat sekuritas
yang tinggi.
d. Kemudahan dan kecepatan update data dan informasi.
Kelebihan-kelebihan penggunaan internet dalam mendukung bisnis
dengan fasilitas blog ditunjang oleh banyak widget yang tersedia di
dunia maya yang dapat digunakan dan bahkan harus ada di blog
Anda untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jadi bila Anda sudah
membuat blog, pastikan Anda melengkapi dengan fitur-fitur yang
membantu dan memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan usaha
dengan maksimal.
Kembali saya menggunakan istilah SMOOTH marketing untuk
memudahkan langkah-langkah pemanfaatan blog sebagai media
untuk menginformasikan tentang usaha Anda untuk lebih mudah
dipahami.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 16
Show your specific quality products or services
Yang harus diperhatikan saat Anda menginformasikan produk dan
jasa Anda dalam blog adalah:
a. Keunikan produk / jasa
b. Manfaat produk / jasa
c. Gambar produk / jasa
d. Jenis dan ragam produk / jasa
e. Posting masing-masing artikel produk atau jasa
berdasarkan kategori jika ada sehingga memudahkan
pembaca untuk mencari.
f. Berikan label di setiap posting yang akan secara
otomatis dijadikan arsip per kategori oleh situs
penyedia blog. Label dapat berdasarkan kategori
produk, misalnya anda menjual mainan anak usia anak
di bawah tiga tahun maka beri label 'Batita' misalnya
g. Berikan tag di setiap posting, hal ini untuk
memudahkan kata kunci dalam mesin pencari semacam
google atau yahoo dalam menemukan produk di situs
Anda. Misalnya posting mainan anak batita tadi
diberikan tag 'Batita', maka suatu hari ada yang
mengetik kata 'batita' di mesin pencari, blog Anda akan
muncul dalam daftar mesin cari.
Make your online or offline community
Di blog juga kita harus menginformasikan komunitas yang sudah
kita buat baik di jalur online maupun offline. Pastikan pembaca
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 17
dapat ikut serta dalam komunitas yang Anda buat dari blog dengan
cara :
a. Membuat tautan situs jejaring tempat Anda membuat
komunitas usaha Anda jika Anda memiliki komunitas di
jejaring sosial di internet (misalnya link facebook, twitter
atau forum Anda). Biasanya situs jejaring sosial di
internet sudah menyediakan bahasa html yang dapat di
copy paste di blog Anda sehingga tinggal diletakkan di
blog untuk di klik.
b. Akan lebih menarik jika Anda membuat tautan
komunitas yang menampilkan wajah para komunitas
Anda di blog (misalnya menggunakan widget dari
mybloglog.com, networkedblogs.com atau google
follower)
c. Ajak komunitas Anda yang memiliki blog untuk tukar
link / tautan alamat blog juga. Kerjasama yang win win
solution antara Anda dan komunitas Anda akan terjadi
dengan saling menampilkan alamat blog di blog masingmasing.
d. Anda juga harus aktif untuk saling tukar tautan dengan
blogger-blogger yang Anda lihat memiliki traffic cukup
bagus. Selain meningkatkan lalu lintas blog Anda, Anda
juga akan mengenal blogger-blogger baru yang
berpotensi sebagai komunitas Anda selain sebagai rekan
tukar link.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 18
e. Yang jelas jangan lupa juga menginformasikan dan
membuat tautan alamat blog Anda di setiap situs, portal
atau jejaring sosial yang Anda ikuti kegiatannya, hal ini
hukumnya wajib!
Organize your programmes
Banyak sekali program-program online yang dapat Anda buat di blog
untuk membantu memperluas informasi tentang produk Anda selain
program offline tentunya. Program yang dibuat juga tidak perlu
sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual, yang penting
menarik pembaca blog untuk selalu bertandang. Jangan lupa juga
menginformasikan program offline Anda di blog.
Sebaiknya jangan membuat program yang bersifat memberi hadiah
karena membeli produk Anda. Tujuan program sebenarnya memberi
daya tarik kepada calon pembeli (bukan yang sudah membeli).
Dengan novel ini, Zara Zettira Zr, tetap punya kelas
tersendiri dalam blantika pernovelan tanah air,
dan tetap layak menjadi ikon dalam dunia bisnis
pernovelan Indonesia. Sebagai pengarang, ia
punya gaya, dan sekaligus ia memiliki sikap yang
kadang berada di luar mainstream. Mungkin
itulah keunggulan novel Cinta Maya ini sehingga
tetap layak dibeli, dibaca dan dikoleksi. Novel ini
bisa diperoleh di TB Gramedia di seluruh
Indonesia. Tebal: 195 hal. Ukuran: 20 X 13,5 cm.
Harga: Rp. 50.000,-
Judul: Cinta Maya. Pengarang: Zara Zettira ZR
Penerbit: PT Kutubuku Sampurna
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 19
Berikut saya hanya berikan beberapa ide yang mungkin dapat
digunakan :
a. Berikan hadiah kejutan kepada komuniti blog Anda
secara acak, misalnya dalam rangka ulang tahun atau
event tertentu.
b. Jika Anda pengusaha salon atau berhubungan dengan
fashion dan kecantikan Anda dapat membuat kontes foto
gaya yang di email untuk Anda posting di blog, dan
libatkan pembaca untuk voting siapa yang layak jadi
pemenang. Asyik pastinya.
c. Jika Anda pengusaha makanan boleh mengikutsertakan
komunitas Anda untuk berbagi resep atau lomba
kombinasi resep dengan menggunakan menu makanan
yang Anda jual.
Observe and maintain your community
Untuk menjaga komunitas Anda agar tetap solid dengan blog, Anda
harus dibantu dengan fitur-fitur seperti :
a. Chat room yang dapat membuat Anda berbicara untuk
memperoleh masukan dari komunitas Anda secara
langsung.
b. Comment Box adalah fasilitas untuk pembaca atau
komunitas Anda yang ingin meninggalkan pesan
sekiranya tidak dapat berbicara langsung dengan Anda
dengan fasilitas chat room.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 20
c. Mencantumkan email dan nomor telepon yang dapat
dihubungi juga tidak kalah pentingnya.
d. Jika memungkinkan Anda memiliki kolom untuk input
data komunitas (seperti nama, tgl lahir, lokasi dan
informasi lain yang Anda perlukan) yang terkoneksi
dengan database Anda. Untuk fitur ini memang sedikit
rumit karena biasanya fasilitas database ini memang
harus mengeluarkan biaya untuk membeli ruang hosting
dan menggunakan bahasa pemograman tetapi jika
memang harus, tidak ada salahnya untuk dipasang di
blog 1)
Fasilitas dan fitur di atas semua dapat dicari di internet, dan banyak
yang menyediakannya gratis, jadi Anda hanya mengambil kode html
untuk dipasang di blog Anda.
Dengan menggunakan fitur-fitur komunikasi di blog Anda akan
membuat Anda selalu dapat terhubung dan menanggapi respon
orang secara cepat. Bagaikan petugas customer service yang selalu
siap sedia selama 24 jam, fitur yang Anda pasang menampung serta
mencatat kritik, saran dan respon komunitas untuk dapat segera
Anda jawab.
1) Jika Anda tidak dapat menampilkan fitur kolom input data komunitas di blog tidak perlu
kecil hati, karena masih banyak langkah lain untuk itu yang bukan menggunakan blog.
Pembahasan mengenai pentingnya menjaga komunitas serta pengelolaan data komunitas
sebagai bahan untuk pendukung usaha Anda akan dijelaskan lebih lanjut di topik berikutnya
sebagai pelengkap tambahan SMOOTH marketing.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 21
Try to evaluate and be creative periodically
Jangan meremehkan keberadaan blog sebagai alat bagi Anda untuk
menganalisa dan mengevaluasi pencapaian Anda. Siapkanlah fiturfitur
:
a. Counter traffic, yaitu penghitung jumlah pengunjung
yang sudah datang ke blog Anda. Secara periodik Anda
dapat menghitung rata-rata pengunjung per hari dari
sana.
b. Global Visitor Tracking, adalah fasilitas untuk melacak
siapa dan dari mana pembaca Anda datang ke blog Anda.
Dari pelacak lokasi ini memudahkan kita mengetahui dari
mana orang mengetahui blog Anda, dan juga dari kota
mana saja (bahkan negara mana saja). Hal ini patut
menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan
atau perluasan usaha Anda kelak.
c. Pooling, yaitu fitur yang dapat Anda manfaatkan jika
Anda sedang membuat survey kecil-kecilan untuk
komunitas Anda. Fitur pooling memudahkan komunitas
untuk menjawab survey dari Anda dengan hanya klik
jawaban yang cocok dengan mereka. Dan Anda dapat
mengetahui hasilnya dengan segera.
Sekali lagi fitur-fitur di atas dapat diperoleh gratis semua.
Jangan pula Anda menganggap blog Anda adalah sesuatu yang kaku
dan hanya boleh diisi dengan topik produk Anda melulu. Hal ini
akan sangat membosankan! Sekali-sekali tampilkan posting yang
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 22
sama sekali tidak ada hubungan dengan usaha Anda, entah tulisan
yang berupa paparan ilmu pengetahuan ringan, intermezo, tulisan
lucu, dan informasi-informasi lain yang di luar dari produk Anda.
Beri label untuk tulisan di luar jalur ini dengan label 'Lain-lain' atau
'Rupa-rupa' atau istilah lain yang berkonotasi posting luar jalur
jualan. Jangan heran jika ternyata pengunjung blog Anda malah
ketagihan terus datang hanya gara-gara posting ber-label 'Lain-lain'
ini. Anda sudah menjaring komunitas yang berkesinabungan datang
karena Anda selalu menyajikan hal yang kreatif ketimbang
menyodorkan produk jualan Anda saja.
Have to be informative for continuity but not terrorize
Nah untuk yang unsur terakhir ini sebenarnya cenderung ke Anda
sebagai pemilik atau pengelola blog yang harus terus memotivasi
diri. Banyak situs website yang gagal bukan karena kekurangan fitur,
bahkan banyak yang memajang fitur canggih, desain keren dengan
animasi, kata kunci yang mudah ditemui di mesin pencari, bahkan
beriklan di media-media internet lainnya namun tidak diimbangi
dengan menjadi pribadi blogger yang informatif.
Blog yang informatif ini berarti kita diharapkan untuk :
a. Inisiatif dengan cepat menanggapi respon orang dan
segera memberikan informasi yang diperlukan
komunitas.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 23
b. Motivasi untuk terus update blog dengan informasi yang
menarik. Kemandekan update isi blog akan sangat
berpengaruh kepada komunitas. Pembaca akan
semakin lupa jika blog tidak di update secara teratur.
c. Sikap 'ramah di dunia online' sangat perlu. Terkadang
banyak komentar-komentar komunitas dibiarkan begitu
saja alias dicuekin, sehingga komunitas merasa Anda
tidak memihak mereka yang sudah menanggapi dengan
antusias dan tulus bisnis dan blog Anda.
e. Menghargai privasi pembaca dan komunitas sehingga
Anda sadar untuk memberikan informasi yang memang
diperlukan oleh komunitas. Bukan lagi informasi
sampah, persuasif dan bombastis di blog yang membuat
komunitas Anda seakan diteror oleh pesan-pesan Anda.
Nah... jangan ragu menggunakan blog untuk bisnis jika memang
Anda merasa tidak ingin atau belum mau membuat website
berbayar. Walaupun gratisan dan tidak memiliki domain dotcom,
Anda tetap dapat berlaku bak profesional selama memang Anda
mengacu kepada kaidah mengutamakan komunitas untuk terus
terkoneksi erat dengan Anda.
Catatan singkat :
Saya tidak berusaha untuk menjelaskan sistem transaksi online yang
menggunakan fasilitas klik dan order dengan memasukkan kartu
kredit.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 24
Tetapi jika boleh saya mencoba membesarkan hati untuk para
pengusaha kecil yang ingin merambah pasar online walaupun
dengan :
a. Sistem pembayaran transfer antar bank seperti biasa
(tentu saja nomor rekening bank dicantumkan tetapi
bukan otomatisasi, hanya sebagai informasi bila ada
pembeli yang ingin membayar).
b. Disain blog yang standar namun tetap wajib
mengetengahkan fitur-fitur yang harus ditampilkan
seperti yang telah dipandu dari SMOOTH Marketing
tetap sudah cukup mumpuni untuk dikelola jika Anda
memang serius.
Selamat mencoba :)
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 25
BAB 3
Mengelola Komunitas = Mengelola
Investasi Anda
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 26
engapa saya membuat topik khusus mengenai
Mkomunitas. Jawaban sederhananya adalah karena inti dari SMOOTH MARKETING itu sendiri adalah
komunitas dan bukan produk! Kenapa??
Jika kita berkonsentrasi kepada produk maka kita akan
dikalahkan oleh berjuta-juta produk sejenis, mengingat zaman
sekarang hampir dapat dikatakan tidak ada produk yang betul-betul
baru, yang ada hanya inovasi atau spesialisasi, dan itupun akhirnya
ditiru!
Tetapi komunitas?? Belum tentu produsen A memiliki komunitas
yang sama dengan produsen B. Perbedaan komunitas ini secara
tidak langsung mengarahkan kita kepada satu perhatian khusus
kepada manajemen komunitas. Produsen yang mengabaikan
komunitas dan memperhatikan komunitas tentu akan sangat
berbeda hasil investasinya.
Belakangan hari di era internet yang merajalela bahkan dibuat
istilah tersendiri era 2.0, ada kelebihan di mana setiap pengusaha
mampu membuat komunitas dengan semudah membalik telapak
tangan. Cukup membuka akun jejaring sosial di mana-mana akan
menarik pengunjung untuk menjadi anggotanya. Semua
perusahaan berbondong-bondong memiliki blog atau juga fans page
di mana-mana demi menyebarluaskan informasi berharga untuk
komunitasnya. Hal ini menjadi bukti bahwa era mengagungkan
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 27
produk bagus saja sudah tidak zaman. Tetapi dengan membuat
komunitas yang solid akan terus memajukan kancah usaha dalam
jangka panjang.
Namun demikian tetaplah masih banyak orang-orang yang hanya
berhenti sampai kepada langkah 'membuat komunitas' (dalam
tahapan SMOOTH marketing yaitu pada huruf M = Make your
online or offline community) namun tidak mengelolanya sehingga
komunitas itu hanya pasif begitu saja. Sangat disayangkan karena
komunitas inilah yang pada akhirnya merupakan 'modal utama'
pada usaha kita, bukan lagi uang yang sudah diinvestasikan. Dari
mana kita berharap investasi kita akan kembali jika bukan dari
komunitas yang nota bene adalah calon-calon konsumen Anda?
Saatnya untuk membahas tahapan untuk Observe and maintain
your community (huruf O pada SMOOTH Marketing) adalah
langkah setelah membuat komunitas tersebut.
Istilah komunitas lebih sering saya gunakan di konsep SMOOTH
Marketing ini sebenarnya juga identik dengan istilah jaringan
dalam dunia usaha (apalagi komunitas saat ini lebih banyak
dibentuk di jejaring sosial, ya masih ada inti kata jaring di sini).
Namun mengingat kata 'jaringan' konotasinya lebih kepada bisnis
oriented dan serious way, maka saya lebih cenderung menggunakan
istilah komunitas yang konotasinya lebih kepada 'pergaulan' atau
'pertemanan' sebagai 'marketing step' yang tidak selalu berakhir
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 28
kepada kegiatan bisnis.
Komunitas di sini terdiri dari konsumen, calon konsumen atau
sekadar teman-teman yang tidak berminat dengan produk Anda
tetapi mengenal Anda. Jangan mengira mereka yang tidak
berminat itu tidak bermanfaat bagi usaha Anda. Walaupun tidak
terjadi sales pada mereka, tetapi informasi mengenai Anda yang
tertinggal di benak mereka setidaknya membawa marketing
multplier effect kepada rekan-rekan mereka yang mungkin
memerlukan produk Anda, jadi jangan pernah abaikan pendapat
mereka yang bukan konsumen Anda.
Beberapa langkah me-manage komunitas Anda yang sederhana dan
pasti dapat dilakukan di kala senggang dikategorikan menjadi tiga
kegiatan utama pengelolaan komunitas, yaitu :
Pengumpulan data dari komunitas Anda.
Anda dapat menyediakan form sederhana untuk memperoleh data
singkat mengenai komunitas Anda. Form dapat berupa manual atau
terintegrasi dengan website atau blog perusahaan kesayangan Anda.
Data yang mendasar sudah jelas mencakup nama, jenis kelamin,
lokasi, status pekerjaan, hobbi, dan jangan lupa email sebagai
jembatan penghubung informasi. Anda dapat menambahkan field
data informasi tambahan jika memang perlu dan berkaitan dengan
produk Anda. Buatlah serapih dan selengkap mungkin sehingga bila
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 29
Anda ingin mengelompokkan atau membuat indeks data
berdasarkan umur, atau lokasi misalnya, sudah tinggal memerintah
piranti lunak pengelola data (yang paling sederhana dan cukup
lengkap yaitu Microsoft Excel) untuk menyelesaikannya.
Kendala dari kegiatan ini adalah jika ada komunitas yang enggan
membeberkan data lengkap. Kalau memang begitu, tidak perlu
dipaksa. Biasanya orang memang masih enggan memberikan data
jika memang nanti dianggurin begitu saja, atau takut
disalahgunakan. Jadi intinya, bila ingin lebih mudah untuk menarik
data dari komunitas sebaiknya diiringi dengan program yang
menarik untuk diikuti komunitas sehingga tidak ada rasa enggan
bagi mereka untuk membagikannya.
Buku ini memuat 79 sajak Kurniawan
Junaedhie dengan subjudul “Sajak-sajak
1974-2009”. Merupakan kompilasi, atau
semacam rekam-jejak kepenyairan KJ
dalam rentang waktu yang tak singkat, 35
tahun. Karena kompilasi, maka dalam
“Cinta Seekor Singa” dimuat sajak-sajak
yang tentu dimaksudkan KJ menjadi
cerminan karya-karyanya di empat periode
itu. Tampillah 10 sajak mewakili periode
1970-an, periode 1980-an 18, periode 1990-
an 38, periode 2000-an 13 sajak. Pemuatan
sajak-sajak itu berurutan sesuai periode
penulisannya. Tebal: 116 hal. Ukuran 14,5 x
20 cm. Harga Rp. 42.600,-
Cinta Seekor Singa, Puisi
Pengarang: Kurniawan Junaedhie
Penerbit: Bisnis2030
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 30
Survei dan riset
Dari komunitas Anda dapat membuat survei atau riset kecil-kecilan,
pooling atau voting sehingga menjadi masukan awal bagi Anda
untuk mengambil keputusan.
Komunitas dapat sangat bermanfaat untuk dimintai pendapat jika
ingin melakukan rencana perluasan produk atau launching. Hal ini
akan membuat segala keputusan tepat sasaran selama data
komunitas cukup valid dan berhubungan erat dengan usaha Anda.
Dan percaya atau tidak, sebenarnya Anda dapat mengetahui respon
produk dan pasar usaha Anda juga dari komunitas yang Anda
bentuk. Banyak berita-berita dan informasi menarik yang dapat
diperoleh dari komunitas Anda yang mungkin secara tidak langsung
nanti akan berkaitan dengan usaha Anda. Misalnya dari diskusi
yang Anda buat di forum memunculkan pernyataan-pernyataan atau
berita dari luar negeri misalnya yang dapat menjadi ide bagus untuk
diterapkan pada produk Anda.
Modal Dasar Penerapan CRM
Komunitas adalah harta terpendam perusahaan dalam menjalankan
proyek Customer Relationship Management.
Istilah Customer Relationship Management sebenarnya sama
dengan membina hubungan dengan pelanggan dengan
memanfaatkan basis data customer yang ada. Namun sedikit saya
http://smoothmarketing.femikhirana.com
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 31
melencengkan sedikit istilahnya menjadi Community Relationship
Management, karena apa? Karena cikal bakal community seperti
yang sudah dibahas di atas adalah cikal bakal terciptanya konsumen.
Jadi membina hubungan dengan komunitas yang sudah Anda bentuk
berarti selain menciptakan pelanggan yang loyal, juga terus
membina hubungan baik dengan konsumen.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 32
Beberapa hal yang mungkin dapat Anda lakukan kepada komunitas
Anda sehubungan dengan praktik CRM ini antara lain :
1. Memanfaatkan data untuk membuat membership khusus
mereka yang sudah melakukan pembelanjaan.
2. Memberikan ucapan atau perhatian khusus kepada mereka
yang berulang tahun (tentu sumbernya berdasarkan dari
data yang sudah Anda buat), Anda dapat memberikan
program khusus kepada mereka yang ultah, atau
memberikan ucapkan selamat, dan perlakuan khusus
lainnya.
3. Manfaatkan penyebaran informasi program Anda via SMS,
newsletter, email atau jejaring sosial kepada mereka yang
membutuhkan.
4. Anda dapat membuat program khusus dengan pihak ketiga
bagi konsumen atau komunitas. Misalnya komunitas Anda
mendapatkan voucher khusus untuk pembelian produk B
(yang bukan produk Anda) sehingga komunitas merasa
mereka tidak hanya diuntungkan dari pihak Anda tetapi
juga mendapatkan dari relasi Anda.
Kesimpulannya, dengan membina komunitas dengan baik maka
akan membawa dampak selain menjadi pelanggan juga
perpanjangan lidah untuk membawa komunitas baru ke produk kita.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 33
Jadi bila Anda memang ingin berbisnis walaupun hanya usaha kecil,
jangan pernah mengucilkan diri Anda dan terlalu percaya diri pada
produk Anda. Membuka diri dengan menciptakan komunitas, serta
menganggap mereka adalah teman Anda yang sangat perlu
diperhatikan secara khusus justru lebih membawa pangsa yang
potensial. Memperkuat komunitas adalah kegiatan yang membuat
investasi Anda tidak akan lenyap begitu saja daripada berkutat terus
dengan teknis produk.
Contoh sebuah komunitas kegiatan produk ponsel Nokia
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 34
Berlomba Menjaring
Pelanggan Komunitas
detikcom - Senin, 16 November
Berlomba Menjaring Pelanggan Komunitas
Pertumbuhan pengguna layanan jejaring sosial dan komunitas di
Indonesia sangat pesat belakangan ini. Tak heran jika kemudian
sejumlah operator telekomunikasi berlomba untuk menjaringnya.
Pesatnya pertumbuhan mungkin bisa mengacu pada situs jejaring
Facebook yang kini memiliki pengguna aktif lebih dari 11 juta di
Indonesia. Jumlahnya meningkat 13 kali lipat dibanding akhir 2008
lalu yang hanya berkisar 800 ribu.
Selain untuk bersilaturahim dengan kawan dan kerabat, jejaring
sosial juga kerap digunakan sebagai media untuk saling berinteraksi
dengan para netter yang memiliki persamaan minat. Maka,
terbentuklah beragam komunitas di Internet yang jumlahnya kian
banyak.
Potensi ini yang kemudian dibidik sejumlah operator. Telkomsel
adalah contoh paling anyar. Operator ini coba mengoptimalkan
kembali MyPulau, situs jejaring sosial dan komunitas yang telah
dibangunnya sejak 2007.
"Sejak dirintis 2007 lalu, pengguna www.MyPulau.com telah
mencapai satu juta. Peluncuran kembali ini merupakan perbaikan
yang keempat kalinya," ungkap Adam Achmad, Manager Digital &;
Interactive Media Telkomsel, kepada detikINET, baru-baru ini di
Jakarta.
Untuk membangun kembali situs 'one stop destination' tersebut,
Telkomsel kemudian menggandeng PT Access Mobile Indonesia
untuk mengembangkan konten yang bisa dinikmati pelanggan dan
komunitas berdasarkan minatnya.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 35
MyPulau menawarkan fitur seperti Social Status Integrator, My
Interests, dan My Buys. Melalui fitur tersebut, pengguna dapat
memanfaatkan profil uniknya yang terintegrasi dengan berbagai
situs jejaring sosial untuk menciptakan komunitas pertemanan
sendiri, menulis blog, serta bertransaksi dalam forum jual beli secara
e-commerce.
Fitur serupa juga ditawarkan Telkom melalui Mojopia. Namun
Adam menegaskan kalau situs yang dibangun Telkomsel tidak akan
bersaing langsung dengan portal seharga US$ 2 juta yang dibangun
Telkom, induk perusahaannya.
Pada kesempatan lain, Group Head Brand Marketing Indosat Teguh
Prasetya mengungkapkan, aksi membuat situs jejaring sosial juga
telah dirintis oleh Indosat dengan nama www.kongkoow.com. Situs
itu lebih membidik konten musik dan video.
"Sejak diluncurkan tahun lalu sudah menghasilkan uang ratusan juta
rupiah bagi Indosat," ungkapnya.
Pengembangan selanjutnya yang dilakukan Indosat adalah
membuat situs tersebut dapat diakses oleh pengguna mobile setelah
sebelumnya hanya bermain di segmen layar lebar (large screen) luar
ruang.
Pengguna internet dengan large screen hanya sekitar tiga juta. Jika
ingin mengembangkan usaha harus membidik pelanggan mobile,"
ujarnya lebih lanjut.
Jelas, situs jejaring yang dibangun ketiga operator telekomunikasi
terbesar di Indonesia itu ditujukan untuk membidik pelanggan baru,
khususnya dari segmen komunitas.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 36
Contoh sebuah komunitas yang dibuat oleh seorang
penulis (G. Lini Hanafiah) dalam media facebook. Komunitas ini
dikenal dengan nama YukNulis!, nama yang
dibuat sama dengan judul buku/e-book milik penulisnya.
Situsnya dapat dikunjungi di http://yuknulis.com
"Kami tidak menutup kesempatan bagi pelanggan operator lain
untuk bergabung di MyPulau. Namun pastinya kami akan membuat
program khusus bagi pelanggan Telkomsel yang akan membuat iri
para pelanggan operator lain," kata Adam.
Persaingan hebat memperebutkan pelanggan komunitas lewat
jejaring sosial seharusnya jadi kabar baik bagi pelanggan. Sebab,
pada akhirnya, pelanggan juga yang akan menikmati buah dari
persaingannya.
Artikel di atas adalah kutipan berita dari http://detik.com yang membahas
mengenai pentingnya komunitas dalam suatu kegiatan bisnis atau usaha
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 37
BAB 4
Unggul Bersaing di Dalam Komunitas
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 38
ebelum membahas lebih lanjut, saya akan berikan ilustrasi
Syang diambil dari kejadian nyata yang terjadi.
Di perumahan saya yang tidak terlalu besar kompleksnya ada empat
penjual bakso keliling yang berjualan di perumahan saya. Semua
menjual produk yang sama, ada yang dengan gerobak, ada juga
yang menggunakan motor. Namun hanya satu penjual yang paling
sering disambangi oleh penghuni perumahan sekitar saya ini. Kami
memanggil dia dengan Cak Man.
Saya yakin di tempat saya tinggal ini tidak ada yang tidak mengenal
Cak Man, kecuali penghuni baru. Dan kalaupun ia penghuni baru,
saya jamin, satu bulan setelah tinggal di perumahan ini, dia pasti
langsung kenal dengan Cak Man. Kenapa?
Saya ingat kala saya masih penghuni baru di sini, saya sering
melihat Cak Man mondar-mandir (memang kesehariannya ya
mondar-mandir setiap blok dari jam tiga sore) melewati rumah
saya. Walaupun saya tidak tahu Cak Man jualan apa, dan juga tidak
pernah beli, tapi ternyata dia tetap menegur saya dengan ramah jika
saya sedang berdiri di serambi sambil momong anak. Cak Man
hanya menyapa dengan kata,
“Permisi, Bu…” sambil menganggukkan kepalanya.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 39
Sekali waktu kalau bertemu di jalan, ia juga menganggukan kepala
dan menyapa,
“Jalan-jalan ya, Bu...”
Cak Man tidak menawarkan bakso, sebagai penghuni baru saya
ditawarkan fase perkenalan. Mungkin awal saya menganggap
basa-basi, tetapi tidak semua orang melakukan hal ini apalagi
dengan senyum ramah di atas motor yang sekelebat, sempatsempatnya
dia menyapa sambil mengendarai motor.
Tidak perlu berlama-lama untuk saya tahu kalau Cak Man jualan
bakso. Setelah mencoba jadi ketagihan. Beli bakso dengan Cak
Man ini selain baksonya enak, saya bisa guyonan dan ngobrol
bahkan terkadang membahas gosip seputar perumahan yang juga
dikuasai Cak Man dengan baik. Cak Man mengenal hampir semua
penghuni perumahan ini termasuk aparat satpam sampai asisten
rumah tangga sebagai biang penyebar informasi yang cepat ala
infotainment di televisi.
Cak Man selalu tersenyum dan bawel, tidak pernah mulutnya diam.
Gayanya kocak kalau lagi meracik bakso,
“Mi? Kubis?? Gak mau?? Alhamdulilahhh…”
“Kecapnya dibanyakin??? Alhamdulilahhhhh…”
Hehehe… jadi kalau ada yang tidak mau pakai ini itu dia ajak
guyon, yang minta cabe, saos, atau kuah dibanyakin juga
disyukurin, tidak pelit. Jadi semuanya serba customize! Selera
orang beda-beda, makanya tiap detil komponen racikan bakso
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 40
ditanya, sampai ke jeruk nipis, bawang goreng, daun bawang mau
pakai apa tidak…
Belakangan ini ragam bakso yang ditawarkan Cak Man jadi lebih
banyak. Dulu jenis gorengan dalam bakso hanya satu, sekarang ada
tiga macam. Bakso halus pun ada dua jenis, yang kecil atau yang
sebesar bola tenis. Walaupun harga bakso bola tenis itu kelihatan
mahal, tapi habis saja tuh…!
Nanti setelah semua selesai dan masuk ke pembayaran bakso, cara
mengucapkan terima kasihnya juga antik,
“Makasih ya... Yang Kuasa yang membalas,”
Anehnya semua yang beli bakso dengan Cak Man rata-rata ya pasti
membalas dengan kata,
“Amin…”
Dengan Cak Man, selain beli bakso bisa dapat bonus berkat dan doa
loh…
Secara otomatis saya sendiri juga menolak untuk membeli bakso
selain dari Cak Man. Kecuali Cak Man tidak jualan, dan saya lagi
tidak masak, mau tidak mau deh… Lagian ada pengalaman rada
tidak enak tatlaka saya iseng nyoba beli bakso dari penjual bakso
lain. Karena ngantri saya sengaja nunggu di rumah dulu, eh… tibatiba
penjualnya sudah masuk rumah dengan mangkok yang sudah
diisi bakso siap santap. Berarti bakso yang dikasih ya formatnya
dari mas tukang bakso saja. Tanpa tanya lagi apa yang saya tidak
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 41
apa yang saya ingin minta dilebihkan. Duh… kesal pasti, apalagi
suami saya tidak suka daun bawang, musti repot buat menghibahkan
daun bawang di baksonya ke saya.
Waktu saya bilang,
“Loh… kok campur, Mas?? Kan aku tadi bilang nanti kalau sudah
mau bikin punya kita manggil aja…”
Mas Tukang baksonya hanya senyum-senyum dingin,
“Kirain campur…”
Mungkin karena saya main asal tinggal tadi (walaupun sudah titip
pesan). Yang menjual juga tidak mau repot nyambangin saya yang
sebenarnya tinggal geser gerobak berapa meter doang (hanya selisih
tiga rumah dari tempat ia berdiri sebelumnya!).
Ya… sudah, jadinya racikan kuah yang kami inginkan tidak klop,
semua jadi hambar. Walaupun harganya ternyata lebih murah
daripada Cak Man, tapi malah saya sekarang memilih tidak beli
bakso di perumahan ini dengan yang lain selain Cak Man.
Dan ternyata yang merasakan itu bukan saya saja, dan terbukti
tukang bakso selain Cak Man seringnya nongkrong sambil bengong
atau tiduran tanpa ada yang diladenin dan tidak berapa lama
beberapa langsung keluar dari kompleks karena merasa tidak laku.
Ada yang bertahan tapi omzetnya jelas jauh dibanding Cak Man
yang mobile ke mana-mana sampai pembelinya harus telepon ke
ponsel Cak Man kalau tidak ingin kelewatan atau kehabisan.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 42
Nah… sekarang masuk dalam studi kasus terhadap ilustrasi
kejadian nyata tadi. Menurut Anda, apakah kelebihan Cak Man
dibandingkan yang lain sehingga ia dapat unggul dibandingkan
yang lain? Dari segi produk dan komunitas yang dijangkau sama,
bahkan Cak Man termasuk yang harga baksonya lumayan mahal
dibandingkan sekelasnya. Apa yang dimilikinya sehingga ia
mampu bersaing dan menjadi top sales di perumahan saya? Silakan
ditelaah dulu sebelum saya lanjutkan apa yang menjadi kelebihan
Cak Man.
Sudah??
Mari kita samakan pendapat.
Yang dipunyai oleh Cak Man dibandingkan tukang bakso yang
lainnya adalah :
1. Ia membuat komunikasi dalam komunitas baik pembeli
ataupun bukan. Cak Man rela muter-muter dengan sigapnya
dan membaur dengan semua penduduk di perumahan,
menghafal raut wajah dan blok rumah yang ditempati
dengan berkeliling. Sementara tukang bakso lain hanya
muter sekali lalu mangkal tanpa ngobrol dengan siapa pun.
http://indofloris.com
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 43
2. Dengan komunikasi, Cak Man mudah menerima informasi
mengenai pelanggan yang ada, bahkan sampai memiliki
nomor telepon orang tersebut. Awalnya sih pasti pembeli
yang minta nomor ponsel Cak Man, tapi langsung disimpan
oleh Cak Man untuk mempermudah ia melacak posisi. Jadi
yang disimpan adalah nama dan nomor blok rumah
konsumen itu. Gini-gini Cak Man sudah ada basis data
kecil-kecilan kalau mau buat acara loh…
3. Produk yang dijual bukan produk unik, tetapi Cak Man
membuatnya unik secara personal dengan customize
produk. Setiap pembeli ditanya detil apa yang mau dipakai,
mana yang tidak mau dimasukkan dalam mangkok. Jadi
tidak menunggu pembeli berinstruksi dulu, tetapi langsung
diarahkan oleh Cak Man. Inovasi produk juga sebisa
mungkin dibuat Cak Man, seperti yang disebut di atas,
macam gorengan kalau iseng suka ditambah jenisnya.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 44
Kesimpulan yang diperoleh, berarti Cak Man melakukan kegiatan
pemasaran dan berusaha menjadi lebih unik dibanding yang
lain , bukan sekadar jualan. Sedangkan yang lain hanya orientasi
jualan tanpa mau melakukan kegiatan pemasaran yang mendukung
produk mereka terjual.
Banyak di antara kita bahkan tukang bakso di perumahan saya itu
mungkin dapat mengklaim bahwa,
“Saya tidak punya bakat jualan,”
Oleh karena itu bila Anda tersaingi atau disikat lawan mulai
kebingungan dan kelimpungan. Anda selalu fokus kepada produk
yang harus dijual, berharap produk Anda paling unggul, sementara
itu tidak ada produk yang betul-betul spesial yang sekarang dimiliki
oleh satu penjual atau toko zaman sekarang ini. Jadi Anda memang
harus berkompetisi.
Sekarang saya coba mengarahkan Anda sehingga asumsi 'bakat
jualan' itu hilang.
Semua orang memiliki tugas untuk menjual walaupun ia bukan sales,
minimal ia menjual tenaga untuk digaji orang. Apa yang Anda
lakukan saat Anda melamar kerja?
Anda akan membuat CV dengan segala informasi tentang Anda yang
dapat Anda sampaikan, sedetil mungkin, semenarik mungkin, dan
yang jelas Anda harus menyatakan apa kelebihan Anda yang berbeda
dengan kebanyakan orang sehingga Anda layak diterima di sebuah
perusahaan.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 45
Tindakan Anda ini adalah termasuk kegiatan pemasaran diri Anda!
Di mana Anda mempromosikan diri Anda secara tidak Anda sadari.
Secara otomatis pula, Anda sudah menjual diri Anda. Bila Anda
diterima di perusahaan itu, Anda bahkan menawarkan diri Anda
untuk seonggok gaji. Jadi... Anda sudah dan bisa jualan!
Proses selanjutnya Anda bisa menjadi penjual andal, dan itu
bukanlah bakat. Hal itu hanya masalah keterampilan yang diasah.
Mari sekarang saya mengambil contoh lagi dari Anda. Anggaplah
Anda adalah karyawan kontrak, bukan pegawai tetap. Bila Anda
sudah diterima bekerja, apa yang Anda lakukan agar Anda tetap
dipertahankan oleh Direktur? Apa yang Anda usahakan sehingga
Anda tidak dianggap karyawan biasa yang hanya makan gaji tapi
tidak menghasilkan, sehingga jika ada masalah perusahaan, bukan
Percayakan kami untuk membantu Anda :
- Disain untuk iklan, kemasan, brosur, poster.
- Copywrite / Pembuatan teks untuk iklan, brosur, poster, blog.
- Pemasangan iklan di media elektronik.
- Pembuatan jingle iklan untuk radio / televisi.
- Pembuatan situs atau web untuk beriklan / corporate.
- Mencetak bahan promosi (brosur, poster, katalog, dll).
- Sebagai partner konsultan promosi.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 46
Anda yang duluan disorot sebagai karyawan yang layak dirumahkan
dan tidak diperpanjang kembali kontraknya?
Secara logika, Anda seharusnya menunjukkan kualitas Anda dari
jam masuk kerja, kinerja, produktifitas, kreatifitas, sampai jam
pulang kerja semua baik adanya. Anda berusaha lebih baik
dibandingkan rekan yang lain sehingga Anda disorot karena
kemampuan dan kerajinan yang Anda perjuangkan. Dalam hal ini
berarti Anda sudah bukan sekadar melakukan kegiatan pemasaran
dan berjualan, tetapi Anda sudah meningkatkan keterampilan
pemasaran Anda dengan keunikan yang Anda miliki dan hasilnya
adalah Anda menjadi penjual yang dapat diandalkan
dibandingkan penjual lainnya.
Benang merah yang dapat ditarik dari kasus di atas adalah, bila Anda
ingin lebih unggul dibandingkan pesaing Anda yang berkecimpung
dalam bidang produk dan komunitas yang sama adalah, dengan
terus mengasah keterampilan pemasaran Anda dan melakukan
kegiatan itu dengan keunikan khusus agar tujuan penjualan
Anda lebih mudah dicapai dibandingkan pesaing Anda.
Seperti halnya Cak Man. Siapa yang menduga bahwa 'kebawelan
dan keramahan' adalah investasi pribadi yang berbeda (unik) yang
membawanya sebagai penjual andal di perumahan saya
dibandingkan yang lainnya? Bila Anda melihat teman Anda yang
menjadi top sales di sebuah asuransi, properti, jangan remehkan aksi
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 47
cuap-cuap mereka. Coba perhatikan dan pelajari, pasti ada yang
unik dari dirinya dibandingkan rekan lainnya sehingga ia mampu
mencapai prestasi itu. Pelajarilah kelebihan dan keunikannya bila
memang Anda berniat untuk memulai satu usaha, walaupun itu
hanya usaha kecil.
Jadi, bila saat ini semua orang melakukan kegiatan pemasaran dan
penjualan bersamaan, apalagi produk yang sama pula dalam
komunitas offline ataupun online, berarti ada satu langkah yang
harus Anda penuhi untuk dapat terlihat di antara pesaing Anda, yaitu :
1. Asahlah keterampilan pemasaran Anda
Semakin mengasah keterampilan pemasaran (langkah-langkah
Smooth Marketing) Anda semakin peka melihat kebutuhan yang
terkadang tidak diketahui oleh pesaing Anda. Mengetahui
kebutuhan komunitas berarti sangat memerlukan keaktifan Anda
mencari informasi dan memancing informasi dari komunitas Anda.
Bila Anda memiliki kekurangan dalam menyampaikan ramah tamah,
senyum, sulit berkomunikasi, malah berlatihlah, bukan malah
ngotot mempertahankan dan bangga akan kekakuan Anda
sehingga tidak terjadi hubungan antara Anda dan komunitas.
Menjadi orang yang berempati adalah bukanlah pembawaan atau
sifat, tetapi dapat timbul bila Anda melatih diri Anda untuk mengerti
akan kebutuhan dan masalah orang lain yang memerlukan solusi dari
produk dan jasa Anda.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 48
2. Menjadi yang Unik
Buatlah keunikan dari semua kegiatan Anda dalam memasarkan
produk atau jasa Anda. Program yang berbeda dari kebanyakan.
Produk boleh biasa, tetapi variabel pendukung produk (misalnya
kemasan, nama, aneka rasa jika produk makanan) dapat dibuat unik
dan berbeda dengan yang lainnya. Keunikan inilah investasi Anda
yang tidak boleh diabaikan.
Mengasah keterampilan langkah-langkah pemasaran bukan
menjamin Anda harus menjadi penjual yang unggul, hal itu tidak
pernah dapat diprediksi walaupun kita boleh membuat target.
Kesempatan untuk menjadi yang terbaik selalu ada. Tetapi dengan
tidak mengasah hal tersebut, sudah jelas kita tidak pernah jadi
unggulan dibandingkan pesaing.
Jadi bila Anda merasa tidak dapat berkompetisi dengan pesaing
Anda karena merasa Anda tidak memiliki bakat untuk jualan,
sebaiknya dibaca ulang kembali topik ini. Diharapkan Anda semakin
paham bahwa penjualan itu akan terjadi bila diri kita terus mengasah
keterampilan memasarkan sesuatu yang kita buat unik dibandingkan
pesaing Anda.
Variabel pendukung penjualan Anda yang unik, termasuk
menjadikan diri Anda memiliki sesuatu yang berbeda dibandingkan
pesaing Anda, otomatis akan membuat produk Anda unik dan
pantas untuk dikonsumsi.
http://smoothmarketing.femikhirana.com
SMOOTH MARKETING
Sebuah e-book karya Femikhirana
http://femikhirana.com 49
Tentang Penulis
Penulis, Femikhirana (Fekhi) dalam kesehariannya adalah seorang wirausaha
yang bergerak di bidang periklanan. Ibu seorang anak ini menyukai kegiatan
penulisan dari bidang pemasaran yang merupakan latar belakang pendidikan dan
pekerjaannya, sampai kepada penulisan fiksi dan artikel keseharian yang bersifat
perenungan terhadap hidup.
Penulis yang kelahiran Surabaya ini besar di Palembang hingga kuliahnya di
Universitas Sriwijaya Fakultas Ekonomi Manajemen jurusan Pemasaran dan
Diploma 1 Pemograman Komputer di MDP selesai. Usai kuliah dilanjutkan
dengan merambah ibukota Jakarta sebagai kota petualangan dunia kerjanya
sebelum memberanikan diri untuk berusaha sendiri.
Penulis sudah membuat dua E-book yang bersifat fiksi (Trilogi Susu, Teh,Kopi,
Sumpit) dan segera meluncur fiksi terbaru berjudul Buku Cemilan. E-book
Smooth Marketing merupakan E-book non fiksi pertama. Semua E-book
penulis dapat diakses di blog http://femikhirana.com yang merupakan blog resmi
yang selalu di-update oleh penulis
http://smoothmarketing.femikhirana.com
terima kasih :)
BalasHapus